Penggobatan Hipertensi Dengan Obat Herbal Tradisional


Hipertensi adalah suatu peningkatan tekanan darah di dalam arteri. Secara umum, hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana tekanan yang abnormal tinggi di dalam arteri menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke, aneurisma, gagal jantung, serangan jantung dan kerusakan ginjal. Pada pemeriksaan tekanan darah akan didapat dua angka. Angka yang lebih tinggi diperoleh pada saat jantung berkontraksi (sistolik), angka yang lebih rendah diperoleh pada saat jantung berelaksasi (diastolik). Tekanan darah ditulis sebagai tekanan sistolik garis miring tekanan diastolik, misalnya 120/80 mmHg. dibaca seratus dua puluh per delapan puluh. Dikatakan tekanan darah tinggi jika pada saat duduk tekanan sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih, atau tekanan diastolik mencapai 90 mmHg atau lebih atau keduanya.
Pada tekanan darah tinggi, biasanya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik. Pada hipertensi sistolik terisolasi.Tekanan sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih, tetapi tekanan diastolik kurang dari 90 mmHg dan tekanan diastolik masih dalam kisaran normal. Hipertensi ini sering ditemukan pada usia lanjut. Sejalan dengan bertambahnya usia, hampir setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah, tekanan sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat sampai usia 55-60 tahun, kemudian menurun secara perlahan.
Penyebab meningkatnya tekanan darah dalam arteri yang mengakibatkan darah tinggi bisa melalui beberapa cara :
1. Jantung memompa lebih kuat sehingga mengalirkan lebih banyak cairan pada setiap detiknya.
2. Arteri besar kehilangan kelenturannya (kaku), dan tidak dapat mengembang pada saat jantung memompa darah melalui arteri tersebut. Akibatnya darah dipaksa melalui pembuluh yang sempit dan menyebabkan naiknya tekanan
3. Bertambahnya cairan dalam sirkulasi bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Hal ini terjadi jika terdapat kelainan fungsi ginjal yang tidak mampu membuang sejumlah garam dan air dari tubuh. Volume darah dalam tubuh meningkat tekanan darah juga meningkat. Sebaliknya, jika aktivitas memompa jantung berkurang, arteri mengalami pelebaran, banyak cairan keluar dari sirkulasi, maka tekanan darah akan menurun.
4. Perubahan Fungsi Ginjal
Jika tekanan darah meningkat, ginjal akan menambah pengeluaran garam dan air, yang akan menyebabkan berkurangnya volume darah dan mengembalikan tekanan darah ke normal. Jika tekanan darah menurun, ginjal akan mengurangi pembuangan garam dan air, sehingga volume darah bertambah dan tekanan darah kembali ke normal.
Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Penyakit Darah Tinggi
Alpukat (Persea Gratissima Gaertn.)
Cara membuat : 3 Lembar daun alpdkat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus.
Bawang Putih (AIlium Sativum. Linn.)
Cara membuat : 3 Siung bawang putih, ditumbuk halus. Peras dengan air secukupnya. Saring, minum setiap hari secara teratur. Atau 2 siung bawang putih dipanggang. Makan setiap pagi selama 7 hari.
Belimbing Asam (Averhoa Bilimbi)
Cara membuat : 3 Buah belimbing asam dan 1/2 ikat daun kemangi. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga. Tersisa 1/2 gelas. Saring, ambil airnya, minum menjelang tidur (diulangi 3 hari sekali).
Ketimun (Cucumis Safivus L.)
Cara membuat : 2 Buah ketimun segar dicuci bersih lalu diparut. Peras lalu disaring. Minum sekaligus 2-3 kali sehari.
Seledri (Apium Graveolens, Linn.)
Cara membuat : Daun seledri secukupnya diperas dengan air masak secukupnya kemudian disaring. Minum 3 kali sehari 2 sendok makan, dan lakukan secara teratur. Catatan : Penggunaan berlebihan berbahaya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Statistik Kunjungan

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kategori Artikel

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.